Welcome to My Website

Download latihan
nama filenya
oop dan fileteks3
atau link ini
http://www.box.net/shared/1ioylcb85m

KONSEP DASAR OOP (Objek Oriented Programming)

Penulis : Ilham Maulana Senin, Juni 08, 2009


OOP bukanlah bahasa pemrograman melainkan sebuah cara untuk menjadikan program yang kita buat menjadi lebih modular karena suatu permasalahan akan dikumulkan dalam satu objek, yang selanjutnya akan di sebut sebagai suatu kelas. OOP merupakan bentuk penyederhanaan dari bahasa prosedural sehingga program akan lebih mudah dikembangkan.

Ciri-ciri dasar OOP:

a. Pembungkusan(Encapsulation)

Adalah sebuah proses penggabungan antara data-data dan fungsi-fungsi yang berkaitan ke dalam sebuah objek.

b. Pewarisan (Inheritance)

Dalam OOP, kita dapat menciptakan objek baru yang diturunkan dari objek lain.

c. Polimorfisme (Polymorphism)

Polimorfisme adalah proses kebanyakrupaan, artinya kita dapat mengimplementasikan sesuatu hal yang berbeda melalui suatu cara yang sama.

CLASS

Dalam C++, struktur dan kelas adalah dua hal yang sebenarnya memiliki hubungan, artinya kita dapat membuat kelas dengan menggunakan kata kunci struct seperti halnya kita membuat sebuah struktur. Dalam prakteknya, hampir semua programmer C++ menggunakan kata kunci class untuk membuat sebuah kelas.

Dalam sebuah struktur atau kelas dapat berisi kelompok data dan dapat berisi fungsi.

Perbedaan yang ada antara kata kunci struct dengan class adalah dalam hal tingkat akses default dari data-data nya. Artinya, jika kita tidakmenuliskan tingkat akses secara eksplisit pada saat mendeklarasikan data di dalam struktur, maka data di dalam struktur di anggap sebagai data public. Hal ini tentu berbeda dengan kelas, di dalam kelas apabila kita tidak menyebutkan tingkat akses, maka data tersebut akan di anggap sebagai data

0 komentar

Posting Komentar

Halo Semua. Thanks yach buat komentarnya