Welcome to My Website

Download latihan
nama filenya
oop dan fileteks3
atau link ini
http://www.box.net/shared/1ioylcb85m

Tips Menggaet Pekerjaan di Bursa Kerja

Penulis : Ilham Maulana Rabu, Mei 27, 2009

Sebagai seorang pencari kerja, baik yang berstatus pengangguran maupun karyawan yang ingin mencari pekerjaan yang lebih baik, tentu saja anda sudah tidak asing lagi dengan namanya job fair alias bursa kerja.

Acara ini biasanya diadakan beberapa kali setahun diseluruh kota besar dan dihadiri oleh puluhan ribu pencari kerja yang saling bersaing menggaet pekerjaan yang peruditawarkan oleh para perusahaan yang ikut serta didalam job fair tersebut. Karena waktunya singkat dan lazimnnya anda akan diwawancarai langsung disana, tentu anda membutuhkan persiapan khusus sebelum menghadiri bursa kerja. Jangan sampai, sudah jauh-jauh dating kesana, anda melupakan hal-hal penting yang membuat kedatangan anda sis-sia belaka.

Apa aturan tip yang perlu diingat ketika mencari pekerjaan lewat job fair ?

1. Susun strategi spesifik. Fokuskann perhatian anda pada perusahaan yang menarik minat anda.

2. Sebelum acara berlangsung, usahakan anda mendapatkan daftar perusahaan yang ikut.

3. Jangan mengacuhkan perusahaan dg posisi yg kurang diminati. Cari tau nama perekrut, manager atau personalia. Jalin koneksi

4. Cari info tentang perusahaan yang anda lamar. Pertanyaan yg umum ditanyaka : “Mengapa anda ingin bekerja pada perusahaan kami ? “

5. Jangan hanya meletakan resume anda dimeja perekrut dan berjalan pergi.

6. Siapkan iklan diri anda selama 1 menit yg berfokus pada kelebihan unik yg bisa anda tawarkan kpd perusahaan.

7. Persiapkan diri anda untuk menjawab pertanyaan yg umum diajukan di interview.

8. Jangan pernah merasa takut atau terintimidasi oleh pihak perekrut mereka hanya melakukan tugas untuk mencari kandidat yang potensial.

9. Siapkan pertanyaan untuk diajukan pada pihak perekrut. Tapi jangan bertanya mengenai sesuatu yang mestinya sudah diketahui oleh seorang pencari kerja seperti” Perusahaan anda bergerak pada bidang apa ?”

10. Ucapkanlah nama perekrut beberapa kali selama perbincangan. Lihat labael nama di bajunya. Kalo bisa minta informasi kontak dari perekrut.

11. Hilangkan kebiasaan burus seperti memainkan rambut, mengunyah permen karet, bergerak dari sisi satu kesisi lainnya, menggosok hidung, dsb.

12. Ingatlah semua kiat sukses wawancara , termasuk melakukan jabat tangan yang mantap, senyum yang hangat, kontak mata, dan suara yang jelas.

13. Bawalah kopi resume sebanyak mungkin kebursa kerja, jangan sampai kekurangan. Dan bawa juga versi yang berbeda dari resume tersebut jika anda sedang mencari pekerjaan berbeda.

14. Jangan memotong percakapann yang sedang berlangsung, tunggu giliran anda dan bersikap sopan.

15. Berpakaianlah untuk membuat kesan professional, berbusana konservatif adalah pilihan paling aman. Dan kenakanlah sepatu yang aman dikaki anda.

16. Jangan sia-siakan untuk menjalin koneksi dengan perekrut ataupun pencari kerja yang lain.

17. Jangan pernah mengucapkan sesuatu yang negative kepada perekrut mengenai perguruan tinggi, pekerjaan, perusahaan, maupun supervisor anda.

18. Selalu tanyakan mengenai proses pebgangkatan disetiap perusahaan, tetapi jangan banyak bertanya perihal gaji, waktu liburan, dan keuntungan lainnya.

19. Lakukan follow up dengan setiap perekrut. Beberapa ahli menyarankan supaya anda menghubungi dan meningnggalkan pesan voicemail mereka segera setelah job fair usai.

20. Kirimkan setiap perekrut surat terima kasih atas kesempatan yang telah diberikan.




0 komentar

Posting Komentar

Halo Semua. Thanks yach buat komentarnya